Betta tussyae

Betta tussyae
by Greg Maguire
Betta tussyae, adalah ikan dari family Osphronemidae, yang hidup di Malaysia, tepatnya di daerah Pahang. Dikenal dengan sebutan ikan lokal jenis selatan Pekan Pahang.

Ikan dari genus Betta ini memiliki panjang tubuh sekitar 3,7 cm untuk yang jantan, sedangkan betinanya memiliki tubuh yang lebih kecil dari yang jantan.

Klasifikasi:
Order:     Perciformes
Family:    Osphronemidae
Genus:    Betta
Species:  Betta tussyae, Schaller, 1985

Betta tussyae berasal dari lingkungan blackwater yang memiliki kadar asak lunak yang baik. Hidup pada perairan yang memiliki suhu sekitar 70' Fahrenheit.

Dalam pemijahan Betta tussyae, di tangki (bak) pemijahan, harus diberikan suasana seperti di tempat asalnya, dan diberi semacam gua dan beberapa tanaman. Dalam kondisi ini biasanya pasangan ikan ini akan melakukan pemijahan.

Jantan memiliki warna lebih jelas, dan memiliki sirip punggung yang lebih runcing. Sedangkan betina berbentuk bulat dan daerah dada terlihat menyimpan telur.

videoBetta tussyae

sumber:

No comments:

Post a Comment

 

Blog Roll

Blog Roll

  • Marga suku Batak Dairi - Suku Batak Dairi bertempat tinggal yg sama dengan suku Batak Pakpak, mereka adalah etnis yang berbeda. Walau orang Pakpak selalu mengklaim bahwa suku Batak...
  • Samho yang Terlupakan - *Samho*, beberapa penggemar kicauan yang tergolong baru, pasti menyangka burung ini jenis baru. Padahal burung termasuk burung lama yang beredar di Indones...

Blog Roll

Blog Stat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...