Betta akarensis

Betta akarensis (jantan)
dari Marudi-Sarawak
picture by Haji Badaruddin
Betta akarensis, adalah ikan asli pulau Kalimantan,  ditemukan dan dikumpulkan di Brunei Darussalam dan Sarawak Malaysia. Ikan Betta akarensis ini sering disebut juga sebagai ikan Betta Akar. Ikan mirip dengan Betta akarensis ini juga sering ditemukan di daerah Palangkaraya dan Tangkiling di propinsi Kalimantan Tengah Indonesia, yang dikenal sebagai ikan Tampala. Tapi belum bisa dipastikan apakah memang ikan yang sejenis dengan Betta akarensis.


Complex:  Betta akarensis Complex

Klasifikasi:
  • family:       Osphronemidae
  • subfamily:  Macropodusinae
  • genus:       Betta
  • species:     Betta akarensis  Regan, 1910
  • nama lain:  Betta Akar

Spesies ini ditemukan berada di sungai dengan air yang mengalir lambat, meskipun sebagian besar dikumpulkan dari lingkungan rawa-rawa. Ikan ini mudah beradaptasi, juga ditemukan di beberapa selokan pinggir jalan dan kolam yang lebih besar. Habitat yang biasanya ternaung dari matahari dengan pohon-pohon atau vegetasi marginal lainnya tumbuh cukup tebal.

Spesies ini mampu mencapai panjang 14 cm (5,5 inchi). Dapat dipijahkan dalam tangki pemijahan, ukuran 120cm x 30cm x 30cm, dengan ukuran ini akan membuat ikan merasa nyaman untuk sepasang atau sekelompok ikan. Suhu air berkisar antara 21 - 27°C. PH air di perairan alami yang telah tercatat antara 5,5 - 6,8. Meskipun tampaknya cukup beradaptasi dan telah dibesarkan dalam air basa (pH 7,5) harus dilakukan yang terbaik dalam kondisi asam.

Spesies ini menjadi kelompok dari Betta akarensis complex, spesies erat-terkait, sebuah assemblage yang juga saat ini termasuk Betta antoni, Betta aurigans, Betta balunga, Betta chini, Betta ibanorum, Betta pinguis dan Betta obscura. Beberapa spesies ini sering membingungkan karena terdapat kemiripan fisik dan menjadi faktor paling menentukan ketika mencoba untuk mengidentifikasi.


sumber:
- wikipedia
- bettafish.com
- israquarium.co.il
- seriouslyfish.com
- dan beberapa sumber lain

No comments:

Post a Comment

 

Blog Roll

Blog Roll

  • Marga suku Batak Dairi - Suku Batak Dairi bertempat tinggal yg sama dengan suku Batak Pakpak, mereka adalah etnis yang berbeda. Walau orang Pakpak selalu mengklaim bahwa suku Batak...
  • Samho yang Terlupakan - *Samho*, beberapa penggemar kicauan yang tergolong baru, pasti menyangka burung ini jenis baru. Padahal burung termasuk burung lama yang beredar di Indones...

Blog Roll

Blog Stat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...