Betta channoides

Betta channoides,
dari Pampang Kalimantan Timur.
picture by Badaruddin
Betta channoides, berasal dari lembah sungai Mahakam di provinsi Kalimantan Timur pulau Kalimantan, Indonesia. Sungai Merimun dan Muarapahu dengan bentuk yang paling dicari berasal dari dekat ke desa Pampang. Populasi dari daerah yang berbeda sering diberi label seperti itu oleh kolektor / penggemar dalam rangka untuk menjaga akurasi dan melestarikan garis keturunan murni.

Ukuran tubuh berkisar antara 2 - 5 cm.

Complex:  Betta Albimarginata complex

Klasifikasi:
  • Family:      Osphronemidae
  • Subfamily: Macropodusinae
  • Genus:      Betta
  • Species:    Betta channoides

Betta channoides (female)
dari Pampang, Kalimantan Timur
picture by Badaruddin
Di alam diketahui memangsa serangga kecil dan berbagai zooplankton, namun spesimen penangkaran biasanya akan menerima makanan kering. Seperti semua ikan akan menerima ketika ditawari makanan yang bervariasi. Dalam hal ini makan teratur makanan hidup atau beku seperti Daphnia, Artemia atau bloodworm harus memastikan pengembangan warna terbaik dan kondisi. Berhati-hatilah untuk tidak meloloh sebagai spesies Betta tampaknya sangat rentan terhadap obesitas. Beberapa ahli juga memperingatkan masalah kesehatan berkembang ketika mereka sedang makan dalam jumlah berlebihan Artemia, terutama pada ikan muda.

Juga mencatat bahwa kehadiran ikan lainnya di dalam tangki bisa menjadi pengganggu pasangan untuk bertelur.
Asalkan tangki berisi banyak tempat bersembunyi dan garis putus dari pandangan tidak ada alasan mengapa kelompok ini tidak dapat dipertahankan bersama-sama. Meskipun sedikit bertengkar tidak bisa dihindari (khususnya antara jantan) umumnya species ini cukup damai.

Ukuran kepala jantan pada umumnya lebih besar dari betina. Jantan juga jauh lebih berwarna ketika dewasa dan memiliki margin sirip putih / hitam yang tidak muncul pada betina.

Pemijahan
Spesies ini tidak terlalu sulit untuk berkembang biak jika ditempatkan dengan kondisi air yang benar dan diet. Perlu untuk mengatur tangki terpisah. Tangki harus memiliki penutup.
Sepasang atau sekelompok ikan juga boleh dilakukan, asal mendapat makanan yang bervariasi yang berisi banyak makanan hidup dan beku yang dapat membawa mereka ke kondisi pemijahan. Betina yang memainkan peran lebih aktif dalam memulai pacaran dan membela daerah terhadap penyusup. Telur dan sperma dilepaskan selama merangkul Anabantoid khas di mana jantan membungkus tubuhnya di sekitar betina. Beberapa "praktek" merangkul dapat diamati sebelum telur dilepaskan, dalam beberapa kasus beberapa hari sebelum acara pemijahan asli terlihat. Betina mengambil pola yang unik dan pewarnaan selama pemijahan.

Telur diletakkan dalam batch kecil dan dijemput ke mulut wanita sebelum meludah ke air untuk jantan untuk menangkap. Proses ini dapat memakan waktu lama, kadang-kadang dengan pasangan bahkan melanjutkan untuk merangkul sebelum betina telah menyingkirkan semua telur dalam mulutnya. Dengan spesies betina cenderung untuk duduk di bawah laki-laki dan meludah ke atas telur ke dalam air. Brood ukuran cukup kecil, bahkan dengan 10 telur dianggap bagus.

Pasca-pemijahan sangat penting untuk memberikan jantan suasana damai dan tenang. Jantan dari spesies ini terkenal karena menelan telur dan berdiam setelah beberapa hari, terutama pada ikan muda. Laki-laki akan cenderung untuk mencari tempat tersembunyi atau teduh dan akan kehilangan banyak warna selama masa inkubasi. Bahkan terkadang jantan terus-menerus memakan telur setelah beberapa hari, dalam beberapa kasus setelah 10 atau lebih spawnings telah terjadi! Untuk alasan ini sebaiknya melakukan pemijahan secara berkelompok, karena beberapa jantan menjadi lebih sabar.

Jika berhasil masa inkubasi biasanya berlangsung antara 10 -16 hari. Bila sudah siap laki-laki akan merilis sepenuhnya terbentuk dari mulutnya. Anda mungkin ingin menghapus jantan seolah-olah upaya betina untuk bertelur dengan dia lagi terlalu cepat, sehingga dia bisa mati kelaparan. Memberikan jantan periode pemulihan dan banyak makanan yang baik pasca-merenung sangat direkomendasikan oleh beberapa peternak sementara yang lain hanya menjaga pasangan bersama-sama terus-menerus. Masalah ini secara signifikan berkurang jika memelihara ikan secara berkelompok campuran-seks.

Memberi makan sejumlah kecil makanan yang berbeda 2 -3 kali per hari untuk tingkat pertumbuhan. Kecil (5 - 10% dari volume tangki) perubahan air sehari-hari juga dapat diperkenalkan untuk mencegah limbah organik terakumulasi.

Betta channoides adalah salah satu ikan yang dicari penggemar species ikan cupang, karena pewarnaan ikan dewasa yang menakjubkan.
Semua spesies dalam subordo Anabantoidei memiliki organ aksesori pernapasan dikenal sebagai organ labirin. Jadi yang disebut karena nya labirin-seperti struktur, organ ini memungkinkan ikan untuk menghirup udara sampai batas tertentu. Hal ini dibentuk oleh modifikasi dari lengkungan insang pertama, dan terdiri dari banyak sangat vascularised, flap kulit dilipat. Struktur organ bervariasi dalam kompleksitas antara spesies, cenderung untuk lebih berkembang dengan baik pada mereka yang menghuni terutama kondisi oksigen.


sumber:
- wikipedia
- www.bettafish.com
- israquarium.co.il
- www.seriouslyfish.com
- dan beberapa sumber lain

No comments:

Post a Comment

 

Blog Roll

Blog Roll

  • Marga suku Batak Dairi - Suku Batak Dairi bertempat tinggal yg sama dengan suku Batak Pakpak, mereka adalah etnis yang berbeda. Walau orang Pakpak selalu mengklaim bahwa suku Batak...
  • Samho yang Terlupakan - *Samho*, beberapa penggemar kicauan yang tergolong baru, pasti menyangka burung ini jenis baru. Padahal burung termasuk burung lama yang beredar di Indones...

Blog Roll

Blog Stat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...