Cupang Plakat

Dunia ikan Cupang semakin semarak dengan hadirnya Ikan Cupang Plakat. Awalnya ikan cupang hanya dikenal dengan nama ikan aduan atau ikan laga, tapi ternyata perkembangan dalam mencetak ikan cupang semakin mengarah ke dunia ikan hias. Ditandai dengan hadirnya ikan cupang yang memiliki corak warna yang semakin bervariasi. Dunia ikan cupang dikejutkan dengan hadirnya beberapa ikan cupang dari Thailand, seperti Cupang Halfmoon, kemudian sekarang diramaikan lagi dengan kehadiran Cupang Plakat Halfmoon, Plakat Fancy, Plakat Koi dan Plakat Giant dengan penampilan lebih mengejutkan, serta postur lebih besar.

Cupang Plakat berasal dari cupang aduan ekor pendek yang sebelumnya pernah dikenal dengan nama "Katong" berbeda dengan cupang aduan ekor panjang yang disebut "Siam". Jadi Cupang Plakat berasal dari cupang alam ekor pendek dan cupang aduan yang dikembangkan dengan tujuan mendapat tampilan ekor yang berbeda serta sisik yang berbeda pula.
Nama "plakat" berasal dari bahasa Thai, yaitu “plakad”, sebutan umum untuk menyebut ikan laga atau cupang adu. Dalam dunia ikan aduan di Thailand, istilah "plakad" atau "plakat" digunakan untuk menyebut cupang aduan ekor pendek.

berikut saya kutip dari: https://docs.google.com
"  Sejarah ikan Cupang Plakat Dalam perkembangannya plakat dikimpoikan dengan ikan cupang halfmoon, yang menghasilkan ekor yang berbentuk setengah lingkaran menyerupai huruf D tapi bentuk besarannya tidak sebesar cupang halfmoon, jadi terlihat lebih imut. dan mempunyai tulang ekor yang lebih banyak untuk menyokong ekornya yang berbentuk halfmoon jadilah ikan jenis Plakat Halfmoon berekor pendek. bahkan ikan cupang plakat ekor mawar (rose tail) mempunyai cabang ekor lebih dari 8 batang Persilangan plakat dengan double tail menghasilkan plakat double tail atau cupang cagak ekor pendek dan plakat simetris, yang menambah kemeriahan ikan cupang hias, tapi ikan cupang plakat cagak ini masih belum banyak di pasaran untuk sekarang ini. Plakat Simetris atau symmetrical plakat memiliki sirip punggung (dorsal) yang tinggi dan lebar, Sejarah Ikan Cupang Plakat karena memiliki gen double tail yang resesif. Penampilan ikan cupang plakat simetris sangat menawan sehingga oleh International Betta Congress (IBC) dimasukkan ke dalam kelas tersendiri. untuk membedakan dengan plakat halfmoon & plakat tradisional. Ada juga cupang plakat untuk dikembangkan agar tubuhnya tumbuh lebih besar & indah dibanding dengan cupang umumnya yaitu berukuran sekitar 10 – 12 cm diukur dari ujung mulut sampai ujung ekornya. jadi besarnya kurang lebih dua kali besar ikan cupang normal. yang merupakan persilangan antara cupang alam dengan plakat yang berbadan agak besar yang menjadikan ikan jenis baru yaitu ikan cupang giant plakat. "

Dari penuturan yang didapat dari para penggemar ikan cupang, bahwa ikan Cupang Plakat merupakan perpaduan ikan cupang aduan dan dari betta species yang berasal dari alam liar.
Cupang Plakat memiliki ekor lebih pendek, sekilas menyerupai huruf "D", serta memiliki corak dan warna tubuh lebih cerah dibanding ikan cupang aduan dan cupang hias lainnya. Selain itu cupang plakat juga lebih mudah dirawat.

Harga jual seekor ikan cupang plakat saat ini juga lumayan fantastis berkisar antara Rp.100.000 sampai Rp.500.000. Walaupun harga nya cenderung lebih mahal daripada ikan cupang hias lainnya, tapi ikan cupang plakat saat ini rupanya berhasil merebut hati penggemar cupang hias.

Cupang Plakat sendiri yang beredar saat ini, sekitar ada 4 jenis, yaitu:
  • Cupang Plakat Fancy
    jenis cupang plakat fancy merupakan cupang multiwarna, paling sedikit cupang ini memiliki 3 corak warna yang tersebar di tubuh, sirip dan ekor.
  • Cupang Plakat Koi
    jenis cupang plakat koi, bisa dikatakan merupakan versi mini ikan koi yang terkenal itu, karena berukuran kecil jadi tidak memerlukan aquarium besar, bahkan ditempatkan di toples ikan ini masih terlihat menarik.
  • Cupang Plakat Giant,
    jenis cupang plakat giant, berukuran paling besar, panjang tubuhnya bisa mencapai 15 cm. Ikan cupang jenis ini menjadi alternatif lain bagi peminat ikan cupang hias di Indonesia. Ikan ini masuk ke Indonesia pada tahun 2007.
  • Cupang Plakat Halfmoon
    jenis ini sudah lebih dahulu masuk ke Indonesia, dibanding ketiga jenis cupang plakat di atas, yaitu sekitar tahun 2000-an.

Gallery

Cupang Plakat Fancy

  


Cupang Plakat Koi




Cupang Plakat Giant, (10 - 15 cm)
Copper Plakat Giant


Monster Plakat Giant


source:
http://www.indobettafish.com
http://www.cupangstarz.blogspot.com
http://jotyabettanews.blogspot.com

7 comments:

  1. oalah plakat ikan kirain plakat resin gitu pak mampir aja salam pembuat plakat resin

    ReplyDelete
  2. keren infonya..ikan cupang plakat ini sudah sulit didapat sekarang, , ditempatku sndiri harus rela nunggu pesanan


    dokter galau
    motorganteng
    Wowkece

    ReplyDelete
  3. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete
  4. Info yang sangat berguna mengenai ikan cupang plakat, saat ini sedang cari - cari ikan plakat, artikelnya cukup membantu mencerahkan...

    ReplyDelete
  5. Sayang sekaligallery cupang plakat halfmoonnya ko' nda' ada ya, jadi penasaran deh kayak apa bentuk ekornya.

    ReplyDelete

 

Blog Roll

Blog Roll

  • Marga suku Batak Dairi - Suku Batak Dairi bertempat tinggal yg sama dengan suku Batak Pakpak, mereka adalah etnis yang berbeda. Walau orang Pakpak selalu mengklaim bahwa suku Batak...
  • Samho yang Terlupakan - *Samho*, beberapa penggemar kicauan yang tergolong baru, pasti menyangka burung ini jenis baru. Padahal burung termasuk burung lama yang beredar di Indones...

Blog Roll

Blog Stat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...